5 Tempat Healing Murah Meriah Searah Gunung Merapi Yang Berkesan
5 Tempat Healing Murah Meriah Searah Gunung Merapi Yang Berkesan

5 Tempat Healing Murah Meriah Searah Gunung Merapi Yang Berkesan

banner



SUARAKAN.COM : Melewatkan liburan pendek seperti akhir pekan biasa di Yogyakarta, bisa dilakukan dengan mengunjungi obyek obyek yang saling berdekatan, yang tak butuh biaya besar dan menghabiskan waktu untuk perjalanannya.

Salah satu kawasan obyek wisata yang letaknya bisa ditempuh satu arah perjalanan tak lain Yogyakarta bagian utara yang searah menuju kawasan Gunung Merapi dari Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Di Yogyakarta bagian utara ini wisatawan bisa mengambil akses jalan Kaliurang.

Setidaknya ada lima titik obyek wisata yang bisa disambangi dalam sekali perjalanan melalui akses Jalan Kaliurang itu.

Pertama, Suraloka Interactive Zoo, Jalan Boyong Nomor 97, Kaliurang, Hargobinangun Pakem Sleman atau ruas Jalan Kaliurang Km 26.

Destinasi yang baru beroperasi kurang dari tiga tahun ini menawarkan konsep kebun binatang mini dilengkapi kebun anggrek serta wahana permainan anak yang aksesnya di simpang Jalan Kaliurang Km 26 Sleman.

Dengan harga tiket masuk sekitar Rp 30 ribu per orang itu, pengunjung bisa melihat koleksi aneka hewan reptil, ikan predator air tawar juga air laut, hingga peternakan mini.

Selain itu disini juga menyediakan penginapan atau home stay serta kafe nyaman yang langsung menghadap area destinasi.

Kedua, Desa Wisata Ledok Sambi, yang aksesnya berada di ruas Jalan Kaliurang Km. 19 Sleman Yogyakarta.

Desa ini merupakan salah satu desa wisata paling ramai di area lereng Gunung Merapi. Sebab wisatawan tak sekedar disuguhi bentang alam desa yang asri serta membuat mata segar.

Andalan utama desa wisata yang masuknya gratis ini tentu saja aliran sungai kecil yang dangkal dan jernih dengan aliran tak terlalu deras. Sehingga membuat pengunjung khususnya anak-anak langsung suka karena bisa bermain air sepuasnya. 

Jika lapar, ada satu resto mini di dekat sungai yang dikelola warga desa setempat dengan harga terjangkau dan higienis. Yup, syarat utama masuk area ini memang tidak diperbolehkan membawa makanan minuman dari luar karena aksesnya sudah gratis.

Jika butuh yang lebih memacu adrenalin, pengunjung bisa menjajal wahana flying fox yang disediakan dengan tantangan medan meluncur di tali menyeberangi aliran sungai.

Ketiga, Merapi dan Dino Park yang berada di ruas Jalan Kaliurang Km.22 Sleman Yogyakarta.

Kawasan ini merupakan play ground luas untuk memanjakan anak-anak dengan sejumlah wahana yang cukup menarik. Dengan tiket masuk seharga Rp 35 ribu pengunjung bisa mengakses tiga wahana di dalamnya. Seperti Dino Park, Kids Water Park, dan Merapi Park.

Area Dino Park menjadi salah satu yang paling diserbu dengan berbagai replika dinosaurus yang bisa bergerak sendiri dan mengeluarkan suara berdasarkan sensor yang ditanam.

Selain Dino Park, ada pula area The World Landmarks yang berisi miniatur bangunan-bangunan terkenal dunia. Seperti patung Liberty, Menara Pisa, dan lainnya.

Keempat, Museum Gunungapi Merapi.

Museum ini lokasinya berdekatan dengan Suraloka Zoo dan Merapi Park di ruas Jalan Kaliurang Km 26.
Museum ini salah satu lokasi pengunjung bisa banyak belajar tentang gunung berapi khususnya Merapi. Ada replika Gunung Merapi besar di dalam museum ini dilengkapi diorama peristiwa aktivitas yang berkaitan dengan Gunung Merapi.

Kelima, Tlogo Putri Kaliurang.

Area ini menjadi obyek andalan destinasi Kaliurang yang ada di kaki Taman Nasional Gunung Merapi. Di area Tlogo Putri ini pengunjung dimanjakan dengan suasana hutan pinus yang kadang diselimuti kabut tipis. 

Jika ingin menikmati air terjun dan melihat dari dekat kawanan kera, ada area bernama Tlogo Muncar di kawasan Tlogo Putri ini yang letaknya sedikit tersembunyi di balik lapak lapak para pedagang jadah tempe yang bertebaran di situ. 

Advertisement banner

Baca juga:

banner
Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.