Jangan Gunakan Kemajuan Era Digital Hanya Untuk Ngrumpi, Produktiflah
Jangan Gunakan Kemajuan Era Digital Hanya Untuk Ngrumpi, Produktiflah

Jangan Gunakan Kemajuan Era Digital Hanya Untuk Ngrumpi, Produktiflah

banner



SUARAKAN.COM : Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menyarankan pesatnya dunia digital ini harus dimanfaatkan untuk hal-hal positif dan bekreasi. 

"Bukan hanya menjadi wadah untuk ngrumpi dan ajang hiburan yang tak produktif, manfaatkan sebaik baiknya," ujar anggota Komisi I DPR RI Sukamta Sabtu (25/9),
saat berbicara dalam seminar daring bertajuk 'Pengemvangan Kewirausahaan pada Masa Pandemi; Digital Marketing &Branding' yang diselenggarakan Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo).

Sukamta mencatat pandemi satu tahun lebih ini mempercepat migrasi kalangan usaha muda ke dunia digital. 

Sukmta lantas membeberkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2017 yang mencatat bahwa milenial usia 19-34 tahun yang menjadi wirasusahawan mampu memberikan penghasilan total senilai Rp 11,2 triliun.

"Dengan adanya pandemi,  proses masuk dunia digital mengalami percepatan yang luar biasa. Bisnis di dunia digital semakin banyak dan meluas, termasuk sekolah yang dulunya offline dipaksa online. Kita berharap teknologi informasi dioptimalkan untuk kewirausahaan,” ungkap Sukamta, 

"Sekarang, semua orang harus beradaptasi dan dipaksa hidup dalam dunia digital. Siapa yang bisa bertahan tidak akan mati atau punah. Anak-anak muda jaman sekarang mau tak mau harus bertahan dan terus berkembang," kata Sukamta yang hadir bersama dengan Ketua Dewan Pakar ISKI yang juga Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Yuliandre Darwis serta pebisnis muda Anom Adi Nugraha.

Lebih lanjut, Sukamta mengatakan bahwa dunia digital sangat kejam. Di sana seolah-olah berlaku hukum alam, hukum besi bahkan diktator.

"Mereka yang sudah masuk pasar digital sepertinya sulit mundur lagi ke dunia analog. Boleh jadi bisa bertahan hidup tetapi kemungkinan berkembang kecil,” tambahnya.

Semakin banyaknya generasi dan wirausaha muda masuk dalam dunia digital di empat tahun terakhir ini sangat disyukuri oleh politisi Dapil DIY ini.

Narasumber lainnya,  Yuliandre Darwis mengatakan bahwa pemanfaatan teknologi digital untuk marketing idealnya disertai riset serta konten yang menarik dan dipercaya.

 "Yang terjadi, sering terjadi konten dibuat dengan judul menarik tetapi begitu dibuka tidak ada apa-apanya, maka otomatis akan ditinggalkan," ucapnya.

Sedangkan Anom Adi Nugraha memaparkan materinya seputar start up sekaligus berbagi pengalaman setelah sekian lama malang melintang di dunia digital, mulai dari nol hingga menjadi besar seperti sekarang. (Dian.S)
Advertisement banner

Baca juga:

banner
Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.