LPEI Tekankan Pentingnya Edukasi Ekspor Pada Generasi Muda
LPEI Tekankan Pentingnya Edukasi Ekspor Pada Generasi Muda

LPEI Tekankan Pentingnya Edukasi Ekspor Pada Generasi Muda

banner
 
             
SUARAKAN.COM: Berbagai guncangan dunia yang diproyeksikan terjadi di masa mendatang  turut berdampak besar terhadap keberlangsungan perekonomian Indonesia. Peran generasi muda menjadi kunci dalam menjawab tantangan ekonomi masa depan untuk membawa negara keluar dari situasi sulit menuju Indonesia Maju.

Sebagai upaya menggerakkan generasi muda untuk mengambil peran tersebut, Kementerian Keuangan bekerja sama dengan berbagai pihak dalam menyelenggarakan Ministry of Finance Festival (MOFEST) tahun 2022 dengan mengusung tema “Master Your Future” sebagai platform bagi generasi muda untuk mengembangkan karakter dan potensi diri, berinovasi, berdaya saing dan berjejaring.

Sebagai Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan RI, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank turut meramaikan rangkaian kegiatan MOFEST yang diselenggarakan di berbagai kota, yakni Malang, Bali, dan Jakarta.

Pada puncak MOFEST 2022 di Jakarta, LPEI berpartisipasi dengan menghadirkan booth pada MOFEST Expo untuk memberikan layanan informasi mengenai LPEI beserta produknya bagi para peserta yang hadir. Melalui kegiatan edukasi ini, LPEI juga membekali generasi muda dengan pengetahuan seputar ekspor dengan harapan dapat menumbuhkan bibit motivasi untuk menjadi eksportir yang mumpuni.

Upaya ini selaras dengan pesan Menteri Keuangan Sri Mulyani bahwa generasi muda harus menggunakan kesempatan dan peluang yang ada untuk memajukan Indonesia. 

“Masyarakat Indonesia saat ini berjumlah 270 juta, proyeksinya penduduk Indonesia nanti menjadi 350 juta. Generasi muda bisa lakukan apa pada seratus tahun kemerdekaan? Kalian harus mampu mengelola tingkat kesehatan, jumlah pangan, jumlah peningkatan kesejahteraan masyarakat, harus mampu nantinya mengelola itu semua,” ujar Sri Mulyani dalam sambutannya, Kamis (1/12).

Pada saat bersamaan Direktur Pelaksana Bidang Hubungan Kelembagaan LPEI Chesna F. Anwar menyampaikan bahwa LPEI turut andil dalam membantu upaya Pemerintah mewujudkan generasi yang unggul, inovatif dan aktif, sehingga dapat berkontribusi dalam mengembangkan ekonomi Indonesia. 

Dengan mengajak generasi muda untuk menjadi eksportir, LPEI dapat mengakselerasi pelaksanaan mandat untuk mendorong ekspor sehingga ekonomi Indonesia berada di posisi yang kuat dari tantangan global di masa depan.

Peran ini tertuang dalam mandat LPEI untuk meningkatkan ekspor nasional melalui fasilitas Pembiayaan, Penjaminan, Asuransi, dan Jasa Konsultasi.

“Kami akan terus mendukung upaya pemerintah mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Di sini, LPEI siap memberikan fasilitas bagi generasi muda Indonesia yang ingin menjadi pengusaha muda berorientasi ekspor,” tuturnya.

Chesna menambahkan, dengan terselenggaranya acara ini diharapkan dapat mendorong generasi muda untuk berpartisipasi secara aktif menjadi menjadi penggerak utama dan penentu arah bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

Selain memberikan edukasi melalui booth, LPEI juga pernah menjadi narasumber pada sesi talkshow “Equipping The Next Youngpreneur” di Road to MOFEST 2022 yang diselenggarakan di Malang beberapa waktu lalu. (Fan/Dyo)
Advertisement banner

Baca juga:

banner
Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.