Presiden PKS Silaturahmi ke Juru Kunci Merapi
Presiden PKS Silaturahmi ke Juru Kunci Merapi

Presiden PKS Silaturahmi ke Juru Kunci Merapi

banner



SUARAKAN.COM: Selepas meresmikan Posko Pemenangan Anies Baswedan pada hari Ahad (5/3) di Cangkringan, Sleman, DIY, Ahmad Syaikhu selaku Presiden PKS beserta rombongan bertolak ke kediaman Mas Wedana Suraksa Hargo Asihono, Kuncen atau Juru Kunci Merapi untuk bersilaturahmi.

Mas Wedana Suraksa Hargo Asihono yang akrab dipanggil Pak Asih adalah anak keempat dari enam bersaudara, pasangan Mbah Mardijan yang merupakan Juru Kunci Merapi sebelumnya dan Mbah Ponirah. Pada 4 April 2011 Sultan Hamengkubuwono X mengangkatnya menjadi Juru Kunci Merapi menggantikan ayahnya, mendiang Mbah Maridjan yang wafat saat terjadi erupsi Merapi pada Oktober 2010.

Silaturahmi ini dilakukan PKS karena pentingnya Juru Kunci Merapi. PKS yang sangat konsen terhadap penanggulangan dan penanganan bencana melihat perlunya komunikasi dan kolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat terutama yang memiliki peran penting dan berkontribusi besar di daerah-daerah rawan bencana.

Ahmad Syaikhu menyampaikan rasa hormat dan kagumnya ke Pak Asih atas peran beliau sebagai Juru Kunci Merapi yang mengabdi menjaga nilai-nilai budaya dan terus menginformasikan serta mensosialisasikan kondisi Gunung Merapi. Ditambah di tengah perkembangan zaman dimana terlihat semakin berkurangnya kesadaran dan kewaspadaan orang terhadap daerah-daerah rawan bencana, peran Pak Asih yang mengimbau supaya orang-orang berhati-hati dalam menjalankan kegiatan di sekitar lereng Gunung Merapi menjadi semakin krusial.

"Kami sebagai juru kunci mengajak masyarakat meningkatkan kewaspadaaan," ujar pak Asih.

Dalam menjalankan tugasnya, Pak Asih tetap berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), yang mendeteksi aktivitas Gunung Merapi menggunakan beragam teknologi dan juga Search and Rescue Daerah Istimewa Yogyakarta (SAR DIY). 

"Semoga kami di PKS ke depannya bisa terus berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat yang memiliki peran penting dalam pelayanan masyarakat, khususnya yang ada kaitannya dengan penanganan dan penanggulangan bencana seperti Pak Asih," pesan Ahmad Syaikhu.
Advertisement banner

Baca juga:

banner
Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.