BEM Nusantara DIY Gelar Deklarasi damai Songsong Pemilu Damai
BEM Nusantara DIY Gelar Deklarasi damai Songsong Pemilu Damai

BEM Nusantara DIY Gelar Deklarasi damai Songsong Pemilu Damai

banner

SUARAKAN.COM : Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara wilayah DIY menggelar deklarasi pemilu damai, Selasa 6 Februari 2024.

Pertemuan internal pengurus BEM Nusantara wilayah DIY di Cafe Tengah Sawah Yogyakarta membahas situasi politik saat ini yang semakin panas menjelang pemungutan suara. Isu isu aktual nasional memantik beberapa pihak untuk saling serang, khususnya di berbagai platform media sosial. Beranjak dari hal tersebut, BEM Nusantara DIY tergerak untuk melakukan hal positif dengan deklarasi damai agar persatuan bangsa tetap terjaga sekaligus memastikan pemilu tahun 2024 mendatang berjalan dengan aman, penuh keharmonisan dan tidak saling memecah belah," ujar Arya Dwi selaku Koordinator Daerah BEM Nusantara DIY.

Selain itu, dengan adanya deklarasi pemilu damai dari temen temen pengurus BEM Nusantara DIY ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap terlaksananya Pemilu 2024 yang damai dengan menolak segala bentuk kampanye hitam, ujaran kebencian dan informasi hoaks," Lanjutnya.

"Dalam kegiatan ini juga ingin memberikan stimulus kepada pengurus BEM Nusantara DIY untuk melawan penggunaan hoaks dalam pemilu serta mendorong terciptanya pemilu yang rasional," Imbuh Arya Dwi.

Untuk itu, kata Arya Dwi, BEM Nusantara DIY mengajak masyarakat untuk terlibat dalam suksesi pemilu yang bermartabat, penuh integritas, jujur, adil aman dan demokratis dengan tetap mengindahkan perundang-undangan yang berlaku. 

Cita-cita ideal tersebut berjalan senada dengan kehendak kita bersama untuk melahirkan demokrasi subtansial dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Tindakan-tindakan provokatif yang melahirkan konflik sosial, polariasi dan perpecahan. Tindakan provokatif tersebut tergambar dari praktik kampanye hitam (black campaign), pertunjukan kekerasan dalam kampanye, pemalsuan informasi dan penggunaan bahasa yang kasar, merendahkan dan mencela lawan politik.

Atas kondisi itu, BEM Nusantara DIY bersama seluruh
elemen strategis mahasiswa yang lain menggelar deklarasi pemilu damai untuk menyatakan sikapnya.*
Advertisement banner

Baca juga:

banner
Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.