Wisuda 580 Mahasiswa, Rektor UPN Veteran Yogyakarta Minta Wisudawan Tingkatkan Kemampuan Adaptif
Wisuda 580 Mahasiswa, Rektor UPN Veteran Yogyakarta Minta Wisudawan Tingkatkan Kemampuan Adaptif

Wisuda 580 Mahasiswa, Rektor UPN Veteran Yogyakarta Minta Wisudawan Tingkatkan Kemampuan Adaptif

banner
SUARAKAN.COM : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNYK) menggelar Upacara Wisuda periode ke-3 Tahun Akademik 2023/2024 di Gedung Auditorium pada Sabtu (27/4/2024).

Rektor UPNVYK Prof. Dr. Mohammad Irhas Effendi, M.Si. membeberkan
pada periode ini telah diwisuda sebanyak 580 wisudawan dengan rincian 79 wisudawan Magister (S2), 494 wisudawan Sarjana (S1), dan 7 wisudawan Diploma (D3).

"Berdasarkan predikat kelulusan wisudawan yang Lulus Dengan Pujian (Cum Laude) sebanyak 236 wisudawan, Sangat Memuaskan sebanyak 338 wisudawan, dan Memuaskan sebanyak 6 wisudawan," kata Rektor.

Rektor menambahkan, selama pembelajaran di kampus, para wisudawan/wisudawati telah dipersiapkan untuk menjadi tenaga ahli yang profesional di bidang masing-masing. 

Untuk mampu bersaing para wisudawan perlu meningkatkan kemampuan adaptif dan fleksibilitas di dunia kerja. Dengan dua hal ini, para wisudawan akan mudah menyesuaikan dengan realitas di dunia kerja. Para wisudawan dan wisudawati juga harus selalu siap untuk belajar hal-hal baru yang bersifat teknis praktis. 

"Sebagai lulusan di era revolusi industry 4.0 dan society 5.0, para Anda wajib memperkuat kemampuan teknologi informasi. Dunia kerja saat ini adalah dunia kerja digital. Oleh karena itu sangat penting untuk memperkuat literasi digital yang mencakup 4 pilar, yaitu: digital skill, digital culture, digital etic, dan digital safety," kata Rektor.

"Selain memiliki kemampuan bekerja secara individual dan kerja sebagai tim, Anda juga wajib mempunyai kemampuan bekerja sama dan berkoordinasi dengan pekerja lain. Selain itu, Anda  juga perlu melihat potensi diri di luar core competence Anda. Hal ini penting sebab dunia kerja tidak lagi bersifat linear, melainkan lebih bersifat divergent. Ringkasnya, Anda perlu mempunyai kemampuan tambahan di samping kemampuan utama," tegas Rektor.

Keterampilan khas Abad 21 yang meliputi  Communication, Collaboration, Creativity, dan Critical Thinking juga sangat perlu dikuasai. 

"Perlu Anda pahami bahwa meskipun Anda perlu memiliki kemampuan berkompetisi, tetapi kemampuan itu sekarang bukan merupakan hal utama. Sebaliknya justru kemampuan berkolaborasi, bekerja sama, dan menjalin jaringan atau network menjadi kemampuan yang harus Anda miliki dan kembangkan. Anda harus dapat bekerja sama dan berkolaborasi dengan siapapun," terang Rektor.
 
Sebagai kampus bela negara, alumni UPNVYK diharapkan tidak hanya kompeten pada bidang ilmu tertentu, namun juga harus membawa dan mengimplementasikan nilai-nilai bela negara dalam lingkup pekerjaan serta kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

"Alumni UPN “Veteran” Yogyakarta, dimanapun berada, apapun pekerjaan atau profesinya, harus selalu tertanam pada dirinya kecintaan kepada tanah airnya, memiliki kesadaran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan menjadi warga negara yang baik, menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," tegas Rektor.

Rektor melanjutkan, pada wisuda kali ini sebanyak 14 (empat belas) wisudawan juga berhasil meraih penghargaan Karya Cendekia UPN “Veteran” Yogyakarta. 
 
Adapun berdasar sebaran menurut fakultas: Fakultas Teknologi Mineral (FTM) sebanyak 113 wisudawan (19,48%), Fakultas Teknologi Industri (FTI) sebanyak 75 wisudawan (12,93%), Fakultas Pertanian (FP) sebanyak 88 wisudawan (15,17%), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 205 wisudawan (35,34%), dan  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 99 wisudawan (17,07%).

Sementara Indek Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi untuk S2 = 4.00; S1 = 3,98; dan D3 =3,55. Masa studi tercepat untuk  S2 = 1 tahun 5 bulan; S1 = 3 tahun 3 bulan; dan D3 = 3 tahun 4 bulan.

"Selaku rektor, Saya ucapkan selamat kepada para wisudawan/wisudawati dan para orang tua/wali beserta keluarga, atas keberhasilan menyelesaikan studi di UPN “Veteran” Yogyakarta. Semoga ilmu pengetahuan, teknologi, pengalaman, dan keterampilan yang diperoleh, serta gelar akademik yang disandang, bermanfaat  bagi para wisudawan, keluarga, bangsa, dan negara," kata Rektor.
 
Rektor membeberkan, bahwa pada tahun akademik 2024/2025 UPN “Veteran” Yogyakarta akan menerima mahasiswa baru sebanyak 5.966 orang. Jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yaitu 5.310 orang. 

Hal ini merupakan konsekuensi dari status UPN “Veteran” Yogyakarta sebagai PTN Badan Layanan Umum (BLU) dimana mempunyai kewajiban untuk terus memperluas cakupan, melakukan diversifikasi, dan meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. 
 
Guna mengimbangi penambahan daya tampung serta untuk meningkatkan pelayanan, kami telah menambah fasilitas ruang kuliah, laboratorium, tempat parkir, dan fasilitas pendukung lainnya. 

Pada tahun 2022 telah dibangun satu unit gedung 4 lantai untuk ruang kuliah dan laboratorium. Tahun 2023 dibangun satu unit Gedung Laboratorium Riset Terpadu berlantai 6 lengkap dengan peralatannya. Tahun 2024 akan dibangun 2 unit gedung kuliah 6 lantai dan 2 unit tempat parkir 6 lantai, yang semuanya di kampus Condongcatur. 

"Untuk kampus Babarsari telah disiapkan lahan untuk pembangunan gedung layanan akademik," jelas Rektor.

Dalam rangka diversifikasi dan peningkatan kualitas layanan juga terus dilakukan pengembangan serta penguatan sistem informasi terintegrasi dan penataan lingkungan guna mewujudkan smart building, smart campus dan green campus.
 
Penerimaan Mahasiswa Baru pada tahun ini dilaksanakan melalui 2 jalur utama yaitu: pertama, jalur seleksi nasional; dan kedua jalur seleksi mandiri. Pada Jalur Seleksi Nasional terdapat dua metode seleksi. Metode yang pertama adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dengan daya tampung UPN “Veteran” Yogyakarta sebanyak 1.192 (20%). 

Peserta yang lolos SNBT saat ini sedang melaksanakan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Registrasi. Metode kedua pada Jalur seleksi nasional adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dengan daya tampung UPN “Veteran” Yogyakarta sebanyak 2.976 (50%). Peserta SNBT akan menjalani tes berbasis komputer mulai tanggal 30 April sampai 20 Mei 2024.

Pada jalur kedua, yaitu Jalur Seleksi Mandiri (SM), daya tampung UPN “Veteran” Yogyakarta sebanyak 1.798 (30%). Metode Seleksi Mandiri meliputi: seleksi berdasar Prestasi Wimaya, seleksai berdasar Tes Potensi Skolastik dan Literasi, seleksi berdasar Kapasitas Bela Negara, serta seleksi berdasar kesepakatan Kerja Sama dengan mitra. 
Animo masuk UPN “Veteran” Yogyakarta tahun akademik 2024/2025 tergolong tinggi.

Pada jalur SNBP pendaftar sebanyak 12.229 orang, diterima sebanyak 1.192 orang. Jadi tingkat keketatannya adalah 1 dibanding 10,26. Pada jalur UTBK atau SNBT jumlah pendaftar di UPN “Veteran” Yogyakarta sebanyak 30.167 orang dan akan diterima sebanyak 2.976. Jadi tingkat keketatannya adalah 1 dibanding 10,14.  

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini UPN “Veteran” Yogyakarta dipercaya sebagai salah satu Pusat UTBK. Peserta UTBK yang mendapat  tempat di UPN “Veteran” Yogyakarta sebanyak 2.890 calon mahasiswa yang terbagi dalam 12 sesi. Mereka melaksanakan tes pada tanggal 30 April dan tanggal 2 sampai 6 Mei 2024. 
 

Advertisement banner

Baca juga:

banner
Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.