Gembiranya Pengerajin Batik Ecoprint di Klaten Impiannya Diwujudkan Sandiaga Uno
Gembiranya Pengerajin Batik Ecoprint di Klaten Impiannya Diwujudkan Sandiaga Uno

Gembiranya Pengerajin Batik Ecoprint di Klaten Impiannya Diwujudkan Sandiaga Uno

banner


Klaten - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Jumat (1/7/2022). Sandiaga wujudkan impian pengerajin batik ecoprint dengan membeli peralatan pengembangan produksi.

Mulanya Sandiaga melihat beragam pameran beragam produk ekonomi kreatif. Saat berada di mini galeri batik ecoprint, Sandiaga mendengar curahan hati dari Hastin yang merupakan perwakilan ibu-ibu PKK Desa Bugisan.

Hastin mengatakan ada sejumlah kendala dalam memproduksi batik ecoprint, seperti modal, bahan, dan peralatan. Sehingga beberapa masyarakat diantaranya tidak melanjutkan kegiatan produksi batik ecoprint tersebut.

"Tadinya 10 orang pak, karena ada yang kurang modal. Jadi proses produksi  batik ecoprint ini kita butuh bahan-bahan, alat juga promosinya. Dan kami yang bertahan ini mandiri," kata Hastin kepada Sandiaga.

Mendengar itu, Sandiaga memberikan solusi untuk para pengerajin batik ecoprint tetap berproduksi dan terus berkembang. 

"Tadi sudah disampaikan kebutuhannya. Alhamdulillah dalam waktu cukup singkat kita bisa mendapatkan kebutuhannya," ungkap Sandiaga.

Sandiaga pun langsung memberikan bantuan berupa peralatan produksi diantaranya mesin jahit, kompor gas, dan bantuan modal untuk membeli bahan-bahan. 

Tidak hanya itu, Sandiaga juga akan bantu pasarkan produk kriya tersebut. Sandiaga menugaskan para pengerajin batik ecoprint untuk membuat 50 outer.

"Jadi saya langsung tugaskan untuk membuat 50 outer yang akan dibawa ke malam puncak 50 Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 yang akan dilakukan di Jakarta," lanjut Sandiaga.

"Akhirnya, mudah-mudahan ini awal kami yang selama ini jatuh bangun untuk produk kami. Sehingga kami bisa terus bangun dan terus maju. Terima kasih mas Menteri," sambung Hastin sembari terharu.

Adapun kunjungan Sandiaga tersebut terkait program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Di mana Desa Wisata Bugisan Klaten masuk sebagai 50 desa/kampung wisata terbaik tahun ini. Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing global, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Sementara yang menjadi daya tarik di Desa Wisata Bugisan ini memiliki banyak peninggalan purbakala salah satunya Candi Plaosan. Kemegahan Candi Plaosan dengan stupa yang memadukan corak Hindu dan Budha menjadi daya tarik wisata domestik maupun mancanegara. 

Nuansa alam pedesaan yang asri dan budaya masyarakat jawa, ramah tamah, serta kesenian budaya merupakan nilai-nilai yang dijunjung tinggi dan dilestarikan oleh warga masyarakat. (Rya)
Advertisement banner

Baca juga:

banner
Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.