Mengintegrasikan Jamu Sebagai Warisan Budaya dengan Teknologi Untuk Kemandirian Kesehatan
Mengintegrasikan Jamu Sebagai Warisan Budaya dengan Teknologi Untuk Kemandirian Kesehatan

Mengintegrasikan Jamu Sebagai Warisan Budaya dengan Teknologi Untuk Kemandirian Kesehatan

banner


 
SUARAKAN.COM : Jamu telah menjadi bagian dari perjalanan masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatannya.

"Jamu merupakan suatu praktek menjaga kesehatan yang bersifat holistik, dengan melibatkan body, mind, dan spiritual yang bersifat preventif sekaligus kuratif," kata praktisi herbal yang juga Chief Executive Officer (CEO) Widya Herbal Indonesia Aries Ikawati Arifah Jumat (19/8/2022). 

Aries mengatakan penggunaan jamu dalam terapi pengobatan merupakan salah satu bentuk implementasi dari Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan.

"Ini untuk mendukung program prioritas nasional dalam memperkuat daya saing industri farmasi dan alat kesehatan dengan meningkatkan kemandirian bahan baku obat, vaksin, Fitofarmaka dan produk biologi serta alat kesehatan dalam negeri," kata Aries.

Jamu pun ditempatkan menjadi upaya untuk meningkatkan kemandirian bahan baku obat adalah melalui pengembangan dan penemuan obat dan bahan baku obat berbahan dasar produk alam. 

"Tidak hanya tumbuh-tumbuhan saja, namun juga hewan serta mineral lain yang sangat melimpah di Indonesia. Melalui teknologi tepat guna dan proses hulu ke hilir yang terstandar, akan didapatkan produk obat herbal asli Indonesia yang aman, bermutu, dan berkhasiat," terangnya.
 
Aries mengatakan, pihakknya melihat ada potensi kekayaan alam nusantara menyajikan produk herbal sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. 

Guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyerapan obat, ahli nanoteknologi Indonesia Dr. rer. nat. Ronny Martien, M.Si., turut berkontribusi dalam pengembangan formula produk herbal Widya Herbal Indonesia. 

Sejumlah produk Widya Herbal Indonesia itu antara lain Prascitta, Visuddha Baddhana, Nirvataya, Angga Prasthana, dan Geniring Tistis yang terbukti secara empiris dan ilmiah membantu memelihara kesehatan tubuh. 

"Kami juga bergerak dalam bidang layanan Telemedicine untuk memberikan fasilitas konseling secara gratis melalui aplikasi Widya Herbal Indonesia yang dapat diunduh di Playstore dan Appstore," katanya.

“Melalui aplikasi Telemedicine ini kami berharap kami dapat membantu memaksimalkan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Melalui layanan Telemedicine ini, masyarakat tidak hanya dapat berkonsultasi dengan dokter saja, melainkan juga dengan apoteker kami,” ungkap Aries.
 
Pengenalan layanan Telemedicine ini dilakukan Widya Herbal Indonesia dalam rangkaian acara Indonesian Custom Show (ICS) tahun 2022 yang berlangsung dari tanggal 13 – 14 Agustus 2022 lalu. Sedikitnya 2.000 pengunjung datang dalam rangkaian acara ICS ini. 

Pengenalan aplikasi Telemedicine ini merupakan kelanjutan dari proses cek kesehatan gratis yang dilakukan Widya Herbal Indonesia. 

Cek kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan tekanan darah, usia sel tubuh (biological age), kepadatan tulang, massa otot, kadar air dalam tubuh, kadar lemak, kadar kolesterol, serta pemeriksaan darah seperti kadar gula, asam urat, dan kolesterol. 

Tak hanya chat dokter dan apoteker secara gratis, namun aplikasi Telemedicine garapan Widya Herbal Indonesia juga mengintegrasikan Artificial Intellegence (AI) melalui layanan scan lidah yang dapat mendeteksi gejala awal dari suatu penyakit. 

Menurut apt. Risa Umari Yuli Aliviyanti, M.Pharm., Sci. selaku Chief Product officer (CPO) Widya Herbal Indonesia, pelayanan kefarmasian dengan orientasi terhadap pasien telah menjadi suatu kebutuhan dalam keberhasilan terapi. 

Keberhasilan terapi dapat tercapai tidak hanya bergantung pada produk obat herbal yang aman, bermutu, dan berkhasiat saja, namun perlu didukung dengan pemberian konseling terkait penggunaan obat yang benar. 

“Ini merupakan salah satu upaya apoteker dalam meningkatkan kualitas hidup pasien,” tambahnya. (Windy)
Advertisement banner

Baca juga:

banner
Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.