Kapolda DIY dan Menkopolhukan Pantau Perayaan Malam Natal
Kapolda DIY dan Menkopolhukan Pantau Perayaan Malam Natal

Kapolda DIY dan Menkopolhukan Pantau Perayaan Malam Natal

banner



SUARAKAN.COM: Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan bersama Danrem 072 Pamungkas, Kabinda DIY serta jajaran Polresta Yogyakarta mendampingi Menko Polhukam RI Prof. Dr. Mahfud MD,  memantau situasi malam Natal 2022 di DIY, Sabtu 24 Desember 2022. 

Mahfud MD yang hadir bersama Diputi V Bidkor Kamtibmas Kemenkopolhukam Irjend Pol Drs. Armed Wijaya, M.H., dan Deputi VI Bidkor Kesbang Kemnkopolhukam Janedjri M. Gaffar tersebut menyempatkan diri mengunjungi GKJ Paparan Sawokembar Gondokusuman Yogyakarta. 

Dalam kunjungannya, Mahfud MD menyampaikan  bahwa Pemerintah sangat serius dalam membangun keberagaman agama yang toleran, saling menghormati, dan memberikan ruang untuk beribadah semua agama. 

"Beribadah dengan sebaik baiknya menurut keyakinan masing-masing karena sejatinya apabila kita taat dalam beribadah tidak akan terjadi kerusakan," tuturnya.

Dikesempatan itu pula, atas nama pemerintah, Mahfud MD memberikan ucapan selamat bagi jemaat GKJ Paparan Sawokembar yang tengah merayakan Natal 2022. 

"Bapak ibu sekalian kami atas nama pemerintah Republik Indonesia mengucapkan selamat Natal semoga senantiasa damai dan selamat selalu," ucapnya. 

Sementara itu, Kapolda DIY kepada pewarta menuturkan bahwa Polda DIY bersama TNI dan stakeholder lainnya telah melaksanakan pengamanan di setiap gereja hingga malam perayaan Natal saat ini. 

"Dari awal tadi, sudah dilakukan sterilisasi oleh Brimob. Dan pengamanan sedang masih berlangsung hingga sampai sekarang berjalan dengan aman," tuturnya. 

Kapolda kembali menjelaskan bahwa saat ini belum diberlakukan rekayasa jalan, hanya saja anggota lalu lintas sifatnya pengaturan jalan raya agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

"Tidak ada rekayasa (jalan), sampai saat ini sifatnya hanya pengaturan jalan, tapi jumlah personelnya dilipat gandakan," jelasnya. 

Kapolda akan mengevaluasi giat pengamanan pada perayaan Natal, sehingga kegiatan  pengamanan berikutnya saat pergantian tahun dapat berjalan aman dan nyaman.
[12/25, 10:23] Yuli Humas Polda: Wakapolda DIY Brigjen Pol R. Slamet Santoso, S.H., S.I.K. meninjau pelaksanaan pengamanan Ibadah Malam Natal di beberapa gereja di wilayah DIY, Sabtu 24 Desember 2022 malam.

Dalam kesempatan ini, didampingi pejabat utama Polda DIY, Wakapolda berkesempatan menyapa personel dan jamaat di Gereja Katolik Hati Kudus Tuhan Yesus, Ganjuran dan Gereja Katolik Keluarga Kudus Banteng, Ngaglik, Sleman, serta Pospam Teteg, Malioboro.

Menyapa personel yang berjaga, Wakapolda memastikan anggotanya melaksankan pengamanan secara maksimal dalam menghadapi perayaan Natal 2022. Dirinya juga memastikan bahwa ibadah bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada gangguan sekecil apapun di wilayah hukum Polda Polda DIY.

"Saat ini kita fokus pada pengamanan perayaan Natal, sejak awal sudah dilakukan sterilisasi oleh rekan Brimob, hingga kini pengamanan masih berlangsung," ujarnya kepada pewarta.

Wakapolda berharap seluruh personel pengamanan, panitia pelaksana hingga pihak gereja dapat bersinergi guna mewujudkan kamtibmas aman, damai, dan tertib. Dimana masyarakat yang mengikuti ibadah juga bisa khusyuk dan tetap nyaman karena kondisi aman.

"Harapannya semoga situasi tetap kondusif, sehingga bisa kembali fokus pada pengamanan kegiatan masyarakat selanjutnya di akhir tahun," harapnya.

"Nanti oleh Kapolda akan mengevaluasi kegiatan ini (pengamanan) sehingga saat berikutnya (akhir tahun) dapat berjalan dengan aman dan nyaman," tambahnya.

Pada kesempatan ini Wakapolda juga memberikan beberapa bingkisan untuk petugas yang melaksanakan pengamanan, agar tetap semangat dalam bertugas.
Advertisement banner

Baca juga:

banner
Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.