Ajak Muda-Mudi Tingkatkan Daya Juang Dari Buku 'Ganjar Pranowo: Memimpin dengan Akrab'
Ajak Muda-Mudi Tingkatkan Daya Juang Dari Buku 'Ganjar Pranowo: Memimpin dengan Akrab'

Ajak Muda-Mudi Tingkatkan Daya Juang Dari Buku 'Ganjar Pranowo: Memimpin dengan Akrab'

banner


SUARAKAN.COM: Pemuda Mahasiswa Nusantara Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menggelar kegiatan bedah buku Ganjar Pranowo 'Memimpin dengan Akrab' yang diikuti mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di DIY. Kegiatan ini diadakan di Gedung Pertemuan Asrama Mahasiswa Kalimantan Selatan DIY, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Koordinator Wilayah Pemuda Mahasiswa Nusantara (DIY) Maryadi menjelaskan, buku karangan Anom Whani Wicaksana setebal 187 halaman itu bercerita tentang perjalanan hidup Ganjar Pranowo, mulai dari kehidupan masa kecil, pendidikan, titik awal perjalanan karir politik Ganjar hingga berhasil menjadi Gubernur Jawa Tengah selama dua periode. 

Kehidupan Ganjar dianggap oleh masyarakat, khususnya kalangan pemuda dan mahasiswa memiliki banyak nilai-nilai yang mampu menginspirasi, seperti perjuangannya yang berasal dari keluarga dengan segala keterbatasannya, namun tetap memiliki semangat tinggi dalam menempuh pendidikan. 

"Hari ini kami mengadakan bedah buku Pak Ganjar Pranowo dengan judul Memimpin dengan Akrab, karena esensi dari buku itu sendiri bagi kami ialah kehidupan keseharian Pak Ganjar, terutama pencapaian Pak Ganjar, mulai dari beliau meniti karir dari sekolah, progres kuliah beliau, progres beliau ketika terjun ke dunia politik dan selama memimpin Jawa Tengah," ujar Maryadi, Jumat (23/12/2022). 

Hal itu pun, kata Maryadi, yang melatarbelakangi Pemuda Mahasiswa Nusantara DIY menggelar kegiatan bedah buku Ganjar Pranowo tersebut. Ia mengharapkan, adanya kegiatan yang dilakukan dengan format kajian akademik itu mampu menjadi pemantik kalangan pemuda dan mahasiswa agar lebih memiliki daya juang tinggi dan positif dalam menempuh pendidikan. 

Dengan demikian, tujuan Pemuda Mahasiswa Nusantara DIY dalam mencetak generasi muda yang bermental kuat dan memiliki daya saing tinggi bisa terlaksanakan, seiring banyaknya inspirasi dan motivasi yang diberikan gerakan Pemuda Mahasiswa Nusantara DIY. 

"Kami dari Pemuda Mahasiswa Nusantara menginisiasi untuk membedah buku itu sebagai motivasi ketika nanti kita anak-anak muda ke depannya mau seperti apa, sudah ada gambarannya dari Pak Ganjar Pranowo," jelas Maryadi. 

"Kami berharap dengan adanya kegiatan hari ini, teman-teman kami pemuda-pemudi ketika mau terjun ke dunia politik atau kemanapun, harus menyiapkan dirinya dari sekarang. Agar punya step by step ke depan dan punya muatan dalam arti bekal ke depannya," sambungnya. 

Sebagai informasi, isi materi buku yang diterbitkan tahun 2019 tersebut dipaparkan oleh dua orang narasumber, yakni Gregorius Sahdan selaku Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) Yogyakarta dan Saifudin Zuhri selaku Dosen STIE SBI Yogyakarta. 

Sementara itu, Rinda, salah satu peserta bedah buku yang ikut berjejaring bersama Pemuda Mahasiswa Nusantara DIY mengungkapkan kepuasannya setelah mengikuti kegiatan tersebut. Ia mengaku lebih mengenal sosok Ganjar Pranowo lebih dalam setelah 21 sub-bab materi buku itu dipaparkan oleh narasumber. 

Mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu juga menyebutkan, dirinya mendapatkan banyak pembelajaran dan inspirasi dari perjalanan hidup Ganjar yang penuh perjuangan hingga berhasil meniti karir politik dan dipercaya memimpin Jawa Tengah selama dua periode. 

"Kita tahu isi-isi bukunya apa saja, mulai dari bagian pertama hingga bagian terakhir. Terutama bagaimana Pak Ganjar bisa mempertahankan citra yang baik di masyarakat, sehingga mampu menarik simpati masyarakat, bagaimana beliau bisa menempatkan diri dan berbaur dengan anak muda. Dari situ kita bisa ambil sisi positifnya," ungkap Rinda. 

Ia berharap Pemuda Mahasiswa Nusantara DIY bisa lebih sering mengadakan kegiatan yang berkaitan denagn kajian akademik, sehingga lebih banyak pembelajaran yang bisa didapat dan disalurkan kepada pemuda-pemudi. 

"Kegiatan bedah buku seperti ini bagus dan menarik sekali ya. Jadi kita bisa tahu biografi dari Pak Ganjar itu sendiri kemudian bagaimana profil beliau dan perjalanan karir beliau, bahwa Pak Ganjar ini dikenal sebagai seseorang yang citranya baik di masyarakat," tutur Rinda. (Yan)
Advertisement banner

Baca juga:

banner
Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.